Rabu, 23 Juni 2010

Ada berapakah agama yang benar?

Ada berapakah agama yang benar?

agama
Pembicaraan yang paling sensitif dan yang paling banyak dihindari pada zaman modern ini adalah pembicaraan tentang perbedaan agama-agama. Kebanyakan dari kita risih untuk membicarakan agama manakah yang paling benar. Masalah ini menjadi lebih sulit lagi karena di indonesia memang dilarang keras membicarakan masalah-masalah yang berhubungan dengan isyu SARA didepan umum.
Saya menyadari, dengan menulis isyu ini bisa jadi saya akan menjadi bahan ejekan, makian dan tertawaan orang-orang dan bahkan boleh jadi lebih dari itu. Bisa jadi yang tadinya teman menjadi lawan dan yang tadinya lawan menjadi teman secara ideologi…
Untuk membahas persoalan ini saya mulai dengan keingin tahuan saya dengan mengajukan tiga pertanyaan penting, yaitu : Pertama, Apakah sesorang wajib memilik satu agama saja atau mengikuti beberapa agama dalam waktu yang bersamaan?
Kedua, Jika yang masuk akal adalah mengikuti satu agama saja, maka apakah kita bebas memilih salah satu agama mana saja tanpa membeda-bedakannya satu sama lain? Apakah semua agama saja saja dan ambil yang mana saja pasti BENAR?
Atau apakah hanya ada satu agama saja yang benar di tiap-tiap zaman? Ini adalah jenis pertanyaan yang paling mudah untuk mendapatkan jawabannya, pastilah dalam satu zaman hanya ada satu agama saja yang benar, ini bisa dibuktikan secara mudah dengan melihat fakta bagaimana semua orang ingin mempertahankan agamanya karena mereka menggangap agamanyalah satu-satunya agama yang benar.
Fakta yang kita saksikan tersebut berbeda dengan apa yang dikampanyekan oleh mereka yang mengembangkan isyu pluralisme agama. Mereka mengatakan pada setiap zaman semua agama sama saja. Semua agama memiliki keabsahan yang sama.
Tentu saja benar adanya bahwa tidak ada pertentangan antara satu nabi dengan nabi yang berikutnya. Semua Nabi diseru dan diutus untuk menyeru kepada jalan Tuhan yang satu. Tidak masuk akal kalau Tuhan yang satu memerintahkan utusannya menyeru kepada jalan yang berbeda-beda dan menciptakan beberapa aliran yang saling bertentangan.
Namun demikian tidaklah berarti bahwa disetiap zaman dan dalam waktu yang bersamaan ada beberapa agama yang benar dan karenanya setiap orang bebas memilih agama manapun yang mereka inginkan sebagai mana orang memilih nomor undian secara acak.
Yang betul adalah setiap orang harus beriman kepada SEMUA Nabi utusan Tuhan, dan mengikuti apa yang dikabarkan oleh nabi-nabi tersebut. Dalam hal ini termasuk mengikuti dan mengimani khabar siapa Nabi yang akan datang berikutnya. Dan sebaliknya harus mengimani apa yang dikatakan oleh nabi terakhir tentang siapa nabi sebelumnya.
Setelah kita melihat fakta dan menerimanya dengan akal yang sehat bahwa setiap zamannya hanya ada satu agama yang benar, maka pertanyaan ketiganya adalah Apakah orang-orang yang tidak mengikuti agama yang benar TETAPI melakukan pekerjaan dan perbuatan sesuai dengan ajaran agama yang benar, semua amalannya itu akan diterima oleh Tuhan?
Misalnya agama yang benar telah memerintahkan untuk berbuat baik kepada semua manusia, mendukung hak-hak orang yang tertindas, menengahi perselisihan, memerangi para pemeras dan penindas, menolong orang-orang yang bernasib malang, membantu orang-orang miskin, menegakkan keadilan dan memberikan pendidikan sebagaimana tugas kenabian pada setiap zamannya. Lalu kita bertanya apakah mereka yang melakukan tugas-tugas kenabian tersebut akan diberi pahala atau tidak?
Dengan kata lain apakah keimanan kepada satu agama yang benar adalah sebagai prasyarat untuk memperoleh pahala disisi Tuhan?
2 Responses to “Ada berapakah agama yang benar?”
1. sacre_coeur on October 1st, 2009 at 8:50 am
@ada berapa agama yg benar?
**Setiap agama memiliki konsep Ketuhanannya sendiri-sendiri. Kalau pun ada yang serupa, pasti dapat dihitung dengan jari, sehingga bisa dipilih dg menjawab pertanyaan turunan berikutnya. Konsep ketuhanan merupakan penurun (universal) dari agama.
Karena itu, saya kira pertanyaan awalnya adalah apakah ada Tuhan atau tidak. Jika ada Tuhan, apakah hanya 1 atau lebih dari 1. Jika hanya ada 1, apakah teraktualisasikan menjadi tiga oknum atau tidak. Kemudian segala turunan, sub-turunan, sub-sub turunan, dst –termasuk soal agama yang mana– mengikuti ini.
@memilih 1 agama atau dpt beberapa agama sekaligus?
**Hanya memilih 1 agama, sebab setiap agama mengklaim dirinya yg benar & membawa pd keselamatan. Dg demikian menegasikan agama lainnya. Karena itu, mustahil memilih beberapa agama sekaligus sebab dua hal yang bertentangan tidak mungkin sama2 benar (non-contradiction principle)
@apakah hanya ada 1 agama saja yg benar di tiap zaman?
**Kenyataan bahwa semua agama mengklaim untuk semua zaman, berarti dengan sendirinya statement “agama untuk tiap2 zaman” menjadi gugur.
@Apakah orang-orang yang tidak mengikuti agama yang benar TETAPI melakukan pekerjaan dan perbuatan sesuai dengan ajaran agama yang benar, semua amalannya itu akan diterima oleh Tuhan?
**Perbuatan2 merupakan konsekuensi atau turunan dari pilihan bertuhan, kemudian turunan lbh lanjut lagi dari pilihan beragama. Sementara, turunan (partikuler) mengikuti penurun (universal). Karena itu, perbuatan2 yang dilakukan di luar tautan penurun, meskipun secara turunan sama, tetap akan gugur, alias ZERO VALUE.
@apakah keimanan kepada satu agama yang benar adalah sebagai prasyarat untuk memperoleh pahala di sisi Tuhan?
YA, jelas sekali berdasarkan argumen sebelumnya.
2. leo ks on October 14th, 2009 at 8:57 am
gampang menjawabnya bagi mereka yang merasa bahwa agamanyalah yang paling benar…dan masing-masing yang mempunyai kepercayaannya akan menganggap bahwa agamanyalah yang benar…bisa saja pertanyaannya kita bandingkan: siapakah yang yakin bahwa dirinya pasti masuk surga?? apakah manusia masuk surga karena dia orang suci,tanpa noda dan tidak berdosa??siapakah yang berani didunia ini mengatakan bahwa dirinya orang yang tidak berdosa??syarat masuk surga adalah orang yang tanpa noda dan tidak berdosa…apakah anda masuk dalam kumpulan tersebut????silahkan tanyakan pada diri kita sendiri dan kita renungkan…….

By Rizal Cah TGB ( As & Nz )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar